Jumat, 16 Mei 2014

Biaya Kualitas

biaya kualitas
Biaya kualitas menyangkut semua biaya yang diadakan untuk mengejar kualitas atau untuk menampilkan kualitas yang berhubungan dengan aktivitas.
Studi tentang biaya kualitas dilakukan untuk memberikan garis dasar bagi biaya kualitas yang sedang digunakan, untuk mengidentifikasi kemungkinan pengurangan biaya kualitas serta memberikan basis perbandingan yang ternormalisasi.
Biaya kualitas dapat dibagi ke dalam biaya-biaya yang dihubungkan dengan :
a.       pencegahan
b.       penilaian
c.       kegagalan.

a) Biaya pencegahan meliputi :
·            Perencanaan
·            Kajian teknis formal
·            Perlengkapan pengujian
·            Pelatihan

b) Biaya  penilaian meliputi :
·            Inspeksi in-proses dan interproses
·            Pemeliharaan dan kalibrasi peralatan
·            Pengujian


c) Biaya kegagalan
Biaya kegagalan adalah biaya yang akan hilang bila tidak ada cacat yang muncul sebelum produk disampaikan kepada pelanggan.
Biaya kegagalan internal adalah
biaya yang diadakan bila kita mendeteksi suatu kesalahan dalam produk sebelum produk dipasarkan.
Biaya kegagalan internal meliputi:
·            Pengerjaan kembali
·            Perbaikan
·            Analisis mode kegagalan

Biaya kegagalan eksternal adalah
biaya yang berhubungan dengan cacat yang ditemukan setelah produk disampaikan kepada pelanggan.

Biaya kegagalan eksternal meliputi:
·            Resolusi keluhan
·            Penggantian dan pengembalian produk
·            Dukungan help line
·            Kerja jaminan

Biaya relatif mendapatkan dan membetulkan cacat bertambah secara dramatis pada saat kita melangkah dari pencegahan ke pendeteksian dan dari kegagalan internal ke kegagalan eksternal.


Gambar 1 Biaya Relatif pembetulan kesalahan


Daftar Pustaka
1.        D. Suryadi HS dan Bunawan. Pengantar Implementasi Dan Pemeliharaan Sistem Informasi. Penerbit Gunadarma
2.       Roger S. Pressman. Software Engineering : A practitioner’s Approach. McGraw-Hill
3.       Roger S. Pressman,Ph.D. Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi Buku 1, terjemahan.Penerbit ANDI Yogyakarta
4.      Roger S. Pressman,Ph.D. Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi Buku 2, terjemahan.Penerbit ANDI Yogyakarta

Biaya Kualitas

biaya kualitas
Biaya kualitas menyangkut semua biaya yang diadakan untuk mengejar kualitas atau untuk menampilkan kualitas yang berhubungan dengan aktivitas.
Studi tentang biaya kualitas dilakukan untuk memberikan garis dasar bagi biaya kualitas yang sedang digunakan, untuk mengidentifikasi kemungkinan pengurangan biaya kualitas serta memberikan basis perbandingan yang ternormalisasi.
Biaya kualitas dapat dibagi ke dalam biaya-biaya yang dihubungkan dengan :
a.       pencegahan
b.       penilaian
c.       kegagalan.

a) Biaya pencegahan meliputi :
·            Perencanaan
·            Kajian teknis formal
·            Perlengkapan pengujian
·            Pelatihan

b) Biaya  penilaian meliputi :
·            Inspeksi in-proses dan interproses
·            Pemeliharaan dan kalibrasi peralatan
·            Pengujian


c) Biaya kegagalan
Biaya kegagalan adalah biaya yang akan hilang bila tidak ada cacat yang muncul sebelum produk disampaikan kepada pelanggan.
Biaya kegagalan internal adalah
biaya yang diadakan bila kita mendeteksi suatu kesalahan dalam produk sebelum produk dipasarkan.
Biaya kegagalan internal meliputi:
·            Pengerjaan kembali
·            Perbaikan
·            Analisis mode kegagalan

Biaya kegagalan eksternal adalah
biaya yang berhubungan dengan cacat yang ditemukan setelah produk disampaikan kepada pelanggan.

Biaya kegagalan eksternal meliputi:
·            Resolusi keluhan
·            Penggantian dan pengembalian produk
·            Dukungan help line
·            Kerja jaminan

Biaya relatif mendapatkan dan membetulkan cacat bertambah secara dramatis pada saat kita melangkah dari pencegahan ke pendeteksian dan dari kegagalan internal ke kegagalan eksternal.


Gambar 1 Biaya Relatif pembetulan kesalahan


Daftar Pustaka
1.        D. Suryadi HS dan Bunawan. Pengantar Implementasi Dan Pemeliharaan Sistem Informasi. Penerbit Gunadarma
2.       Roger S. Pressman. Software Engineering : A practitioner’s Approach. McGraw-Hill
3.       Roger S. Pressman,Ph.D. Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi Buku 1, terjemahan.Penerbit ANDI Yogyakarta
4.      Roger S. Pressman,Ph.D. Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi Buku 2, terjemahan.Penerbit ANDI Yogyakarta