biaya kualitas |
Biaya
kualitas menyangkut semua biaya yang diadakan untuk
mengejar kualitas atau untuk menampilkan kualitas yang berhubungan dengan
aktivitas.
Studi
tentang biaya kualitas dilakukan untuk memberikan garis dasar bagi biaya kualitas
yang sedang digunakan, untuk mengidentifikasi kemungkinan pengurangan biaya
kualitas serta memberikan basis perbandingan yang ternormalisasi.
Biaya kualitas dapat dibagi ke dalam biaya-biaya yang
dihubungkan dengan :
a.
pencegahan
b.
penilaian
c.
kegagalan.
a) Biaya pencegahan meliputi :
·
Perencanaan
·
Kajian teknis formal
·
Perlengkapan pengujian
·
Pelatihan
b) Biaya penilaian meliputi :
·
Inspeksi in-proses dan interproses
·
Pemeliharaan dan kalibrasi peralatan
·
Pengujian
c) Biaya kegagalan
Biaya
kegagalan adalah biaya yang akan hilang bila tidak ada cacat
yang muncul sebelum produk disampaikan kepada pelanggan.
Biaya
kegagalan internal adalah
biaya
yang diadakan bila kita mendeteksi suatu kesalahan dalam produk sebelum produk
dipasarkan.
Biaya
kegagalan internal meliputi:
·
Pengerjaan kembali
·
Perbaikan
·
Analisis mode kegagalan
Biaya kegagalan eksternal adalah
biaya yang berhubungan dengan cacat yang ditemukan setelah produk
disampaikan kepada pelanggan.
Biaya kegagalan eksternal meliputi:
·
Resolusi keluhan
·
Penggantian dan pengembalian produk
·
Dukungan help line
·
Kerja jaminan
Biaya
relatif mendapatkan dan membetulkan cacat bertambah secara dramatis pada saat
kita melangkah dari pencegahan ke pendeteksian dan dari kegagalan internal ke
kegagalan eksternal.
Gambar 1 Biaya
Relatif pembetulan kesalahan
Daftar Pustaka
1.
D. Suryadi HS dan Bunawan. Pengantar Implementasi Dan
Pemeliharaan Sistem Informasi. Penerbit Gunadarma
2. Roger
S. Pressman. Software Engineering : A practitioner’s Approach. McGraw-Hill
3. Roger
S. Pressman,Ph.D. Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi Buku 1,
terjemahan.Penerbit ANDI Yogyakarta
4. Roger
S. Pressman,Ph.D. Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi Buku 2,
terjemahan.Penerbit ANDI Yogyakarta